Jenis-Jenis Ayam Sabung Yang Dipakai Dalam Sabung

Posted on

Jenis-Jenis Ayam Sabung Yang Dipakai Dalam Sabung Ayam

Jenis-Jenis Ayam Sabung – Selama ini kita tahu bahwa hanya ayam bangkok yang mendominasi sabung ayam. Banyak penggemar sabung ayam memilih ayam bangkok sebagai ayam jagoannya. Memilih ayam bangkok sebagai juara memang ada alasannya, karena ayam bangkok memang kuat dan memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa.

Namun bukan berarti ayam jenis lain kalah bersaing di arena dengan ayam bangkok. Ada banyak sekali jenis ayam aduan yang bisa bertarung dengan baik dan memiliki kemampuan menjadi juara. Kekuatan mereka tidak kalah dengan ayam gajah putih. Jenis ayam aduan berasal dari seluruh dunia. Seperti Brazil, Taiwan, Philippines, Burma dan masih banyak lagi. Kita langsung bisa melihat satu per satu jenis ayam aduan terpopuler di dunia selanjutnya.

Jenis ayam aduan terpopuler di dunia

Ayam Bangkok

Jenis-Jenis Ayam Sabung Yang Dipakai Dalam SabungDari sekian banyak ayam aduan yang ada di Indonesia, ayam bangkok adalah yang paling populer di kalangan penggemar sabung ayam di seluruh Indonesia. Sebagai nama panggilan, ayam ini berasal dari Bangkok, Thailand. Salah satu kelebihan ayam ini adalah mampu bertempur sampai mati. Seperti halnya ayam liar yang mampu berjuang mempertahankan wilayahnya meski harus mati dalam pertempuran. Ayam aduan yang sangat tangguh, itulah sebabnya banyak penggemar sabung ayam menyukai ayam ini karena bentuknya yang gagah, tubuh yang besar dan pukulan yang kuat. Tak heran ayam ini juga disebut Kings Chiken. Di Indonesia sendiri, ayam jenis ini awalnya sering digunakan untuk sabung ayam.

 

Ayam American Gamefowl

Ayam American Gamefowl

American Gamefowl atau disebut juga Texas Gamefowl adalah jenis ayam spesial yang dilatih untuk sabung ayam pisau. Tidak seperti pertarungan biasa, ayam ini mengandalkan tubuh yang ringan dan kecepatan untuk bertanding di tempatarea bebas. Pisau yang menempel di kaki ayam itu mengakhiri permainan dengan sangat cepat. Ayam yang kalah atau bahkan menang seringkali berisiko mengalami cedera parah yang mengakibatkan kematian. American Gamefowl ini memiliki banyak keturunan / galur turunan yang sudah dikembangkan selama ini seperti Claret, Grey, Kelso dan lain sebagainya. Ayam jenis ini juga terkadang disimpan untuk hiasan karena warna bulunya dan bentuk tubuhnya yang indah.

Macam-Macam Ayam Sabung Juara

Ayam Asil

Ayam Asil

Ayam Asil adalah salah satu ayam terkenal dari tanah Indian (India). Memiliki ciri tubuh yang tidak tinggi tetapi lebat dengan bulu. Hal yang hebat tentang ayam asil adalah dapat digunakan di mana saja, mulai dari pertarungan biasa hingga menggunakan pisau. Di negara asalnya (India dan Pakistan), ayam ini terkadang digunakan untuk adu massal. Berdasarkan bukti sejarah, ayam ini sebelumnya didatangkan oleh pedagang India ke berbagai negara untuk tujuan perdagangan. Tak heran jika ayam ini juga menjadi salah satu peternak ayam paling berpengaruh di dunia.

Ayam Black Sumatra

Ayam Black Sumatra

Ayam asli indonesia ini memang belum terlalu terkenal di negaranya sendiri, kepopuleran ayam ini memang kalah dibandingkan dengan ayam import lainnya. Namun jangan salah, ayam inilah yang sangat digemari oleh orang asing. Menurut sumber sejarah, pada abad ke-19, ayam sumatera hitam ini banyak diekspor ke benua Amerika dan Eropa karena ayam ini cukup populer dalam pertarungan. Ciri-ciri ayam ini kuat, pendek tapi kuat dan memiliki bulu yang indah (tipe jantan). Diketahui juga bahwa ayam asli Sumatera bagian barat berkerabat dengan jenis ayam lain yang ada di Pulau Sumatera, seperti Kukuak Balengek, Leher Gundul, Walik dan Burgo.

Ayam Gundul Saigon

Ayam Gundul Saigon

Gundul Saigon jago, tapi botak, tidak ada bulu di kepala bahkan sampai dada, ya, ayam saigon. Ayam yang berasal dari daerah Saigon di Vietnam ini cukup terkenal dan disukai oleh para bot di seluruh dunia. Meskipun hampir seperti kalkun dan terlihat tidak sedap dipandang, ayam ini cukup populer di arena sabung ayam. Mengapa ini terjadi? karena ayam ini memiliki tulangan yang tinggi, daging yang tebal dan kekuatan yang tinggi, yang membuatnya lebih tahan benturan dan dapat bersaing berputar-putar.

Jenis-Jenis Ayam Sabung Super Juara

Ayam Birma

Ayam Birma

Burma adalah negara yang kini telah berganti nama menjadi Myanmar. Ada satu jenis ayam di negeri ini yang sangat tangguh dan digemari oleh ayam lainnya. Chicken Burm, seperti nama negara tempat ayam ini lahir. Ayam ini cukup populer karena kecepatan dan pukulannya yang akurat. Ayam Burma bahkan telah menjadi ayam paling menakutkan ketika pertama kali menjadi populer di dan sekitar Asia. Beberapa jenis ayam lain dapat menyamai ukuran ayam ini sampai ayam jenis baru keluar dan akhirnya berhasil mengimbanginya

Ayam Bali

Ayam Bali

Jika anda mencari ayam bali di mesin pencari (google), menu masakan mungkin akan muncul. Hal ini wajar karena kebanyakan orang lebih mengenal ayam Bali sebagai salah satu jenis makanannya. Padahal, nama ayam Bali merupakan salah satu jenis ayam yang sering diperuntukkan untuk jalan-jalan / tajen di seluruh Bali. Ayam ini sering digunakan untuk thayes atau sabung ayam dimana ayam ini dikukus dengan pisau pada saat pertandingan. Hal ini terjadi karena di Bali sendiri pada awalnya merupakan tradisi religi dimana ayam aduan dikurbankan sesuai dengan ajaran Hindu Bali. Ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam Filipina dengan ayam lokal Bali, memberikan postur yang kecil dan lincah, tetapi juga memiliki aksen yang khas (merah tua) dan bagian telinga yang agak mencolok.

Ayam Filipina

Ayam Filipina

Sedangkan di Filipina, ayam Filipina merupakan ayam petarung biasa. Ayam ini berasal dari hasil persilangan antara American Gamefowl dan ayam hutan Filipina. Tentunya, ayam-ayam ini memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda dengan ayam Amerika, namun mereka semakin banyak tumbuh dengan perkawinan silang yang konstan yang pada akhirnya menghasilkan jenis ayam seperti sekarang. Di Filipina, sabung ayam bahkan telah disahkan oleh pemerintah, menjadikan acara tersebut sebagai landmark dan banyak orang memperebutkan jenis ayam terbaik dengan pembiakan ayam berkelanjutan. Tidak heran jika ayam Filipina adalah salah satu jenis ayam terbaik, paling sering digunakan dalam adu ayam, meskipun pisau juga digunakan dalam praktiknya.

Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy adalah ayam yang dikembangbiakkan khusus untuk mengalahkan ayam Burma. Pakhoy ditemukan oleh peternak di Thailand dengan tujuan menciptakan ayam yang mampu mengimbangi kecepatan ayam Burma. Cukup terkenal di kancah sabung ayam, meski harganya cukup mahal karena harus didatangkan langsung dari Thailand. Phakoy adalah salah satu bukti betapa jagonya para peternak Thailand dalam praktek breeding di negaranya.

Itulah beberapa jenis ayam yang paling sering digunakan untuk berkelahi sabung ayam. Memang masih banyak jenis ayam lain yang tidak disebutkan. Pasalnya, ayam-ayam di atas adalah yang mimin temukan dan ketahui sebagian besar dari para penghobi sabung ayam.

Baca juga :Jenis-Jenis Ayam Sabung Yang Dipakai Dalam Sabung