Mata Ayam Bengkak Berbusa,Tips Mengatasi

Posted on

Mata Ayam Bengkak Berbusa,Tips Mengatasi Mata Ayam Bengkak Berbusa,Tips Mengatasi Yang Jarang Diketahui

Mata Ayam Bengkak Berbusa – Tahukah anda? bahwa mata ayam aduan merupakan bagian tubuh ayam yang sering terserang penyakit. Misalnya terserang virus atau bakteri, menyerang dengan palu dalam pertarungan, atau infeksi cacing. Biasanya masalah ini disebabkan oleh perawatan ayam yang kurang baik oleh pemiliknya.

Jika mata ayam sabung Anda memiliki penyakit, sebaiknya segera sembuhkan penyakit mata ayam jika memungkinkan. Karena jika anda memiliki masalah dengan mata ayam aduan anda maka tentunya anda tidak akan bisa bertarung seperti biasanya lagi. Jadi bagaimana Anda memperlakukan mata ayam itu? di artikel perawatan ayam kita akan bahas itu sob. teruslah membaca sampai selesai!

3 Penyebab Dan Cara Pengobatan

Mata ayam terkena cacingan
Mata ayam yang terkena cacingan akan terus mengeluarkan cairan dan membengkak di sekitar mata. Dan mata ayam tidak bisa lagi membuka mata. Gejala awal dari infeksi cacing ini adalah keluarnya cairan yang terus menerus dari mata ayam. Anda bisa menggunakan air yang menetes dari daun tembakau. Beri 2 tetes air tembakau ke mata.

Mata ayam tersentuh oleh Jalu
Saat sabung ayam berlangsung, tentunya seluruh bagian tubuh ayam akan terluka. Tidak terkecuali ayam tersebut akan mendapat luka di mata. Jika ayam dipukul dengan hamstring atau taji ayam di matanya, otomatis matanya akan kehilangan penglihatan. Anda bisa menggunakan jus daun kelor sebagai bahan alami yang lebih baik. Cukup beri 1 tetes perasan daun kelor dan tutupi dengan plester seperti hansaplast.

Virus mata ayam

Musim peralihan merupakan salah satu masa terburuk bagi pecinta unggas, salah satunya adalah adu ayam. Selama masa peralihan, ayam korek api tentunya sangat sensitif terhadap virus dan bakteri. Kandang yang kotor dan sebagainya dapat menyebabkan berbagai virus menyerang ayam. Bahkan mata ayam pun bisa tertular virus.

Gejala awal penyakit ini adalah mata ayam mengeluarkan air, bengkak dan kemerahan di sekitar mata. Jika melihat gejala tersebut, segera pisahkan ayam dari ayam aduan lainnya agar virus tidak menyebar.

Untuk mata ayam yang terinfeksi virus atau bakteri bisa menggunakan 3 ramuan berikut ini ya sob.

Menggunakan obat tetes mata
Jika gejala Anda tidak kronis, Anda dapat menggunakan tetes mata (insto atau serupa) dengan 2-3 tetes dua kali sehari. Dengan insya Allah mata burung gagak akan kembali normal.

Penggunaan obat Eye Chick
Untuk anak ayam Pemberian obat tetes mata tidak efektif atau tidak berpengaruh. Anda bisa menggunakan obat kimia yang cukup efektif mengatasi masalah mata pada mata ayam. obat tersebut disebut stik mata, yang bisa dibeli di toko perlengkapan terdekat.

Menggunakan daun sirih
Daun sirih juga dikenal sebagai salah satu obat mujarab melawan virus penyebab sakit mata pada ayam. Bagi anda yang ingin melihat khasiat daun sirih untuk ayam, baca disini sob, manfaat khusus daun sirih dalam adu ayam. Anda bisa menggunakan daun sirih dengan mengocoknya hingga perasannya keluar.

Kemudian Anda bisa menjatuhkan jus pada mata ayam. Tapi harus pelan-pelan ya bro, karena itu menyengat mata ayam.

Cara Mengobati Mata Ayam yang Bengkak

  • Jika penyakit terkena SNOTT (mungkin CRD Complek) untuk pengobatannya, antibiotik spektrum luas harus digunakan. Mirip dengan NEOMEDITRIL atau TRISUL-CYPRO, perawatan ini berlangsung 5-7 hari. .
  • Semprot kandang ayam dengan ANTISEP RODALON. DESTAN. dan BAYCLIN di sekitar Bangkok Chicken Coop.
  • Ayam dipisahkan segera masih sehat. Jika ayam bangkok Anda memiliki mata bengkak. Kuman ini tidak terkontaminasi di sekitar kandang unggas lainnya. Segera bersihkan bengkak ayam bangkok dengan DI-SPRAY lalu semprotkan pada mata yang bengkak. Tujuan dari DI-SPRAY ini adalah untuk cepat menyembuhkan bengkak pada mata ayam bangkok. Nanti akan mengempis jika Anda SPRAY a crow’s eye dari Bangkok.
  • Mengatasi bau amonia ada 2 macam yaitu kotoran basah. Jika kotoran berbau harum, semprotkan dengan PEWANGI, yang mengurangi AMMONIA. Untuk mencegah bau busuk, AMMONIA harus digunakan sebagai kotoran kering. Setelah 3 hari pemberian, hentikan lagi dalam 1 minggu lalu beri air. Sekarang kotorannya mengering dan tidak berbau AMONIUM. Pemberian ARTHADOX-21 harus rutin. Dengan dosis 2 kg / ton Bangkok Chicken Food. Supaya kotoran ayam bangkok tidak berbau AMMONIA

Mata Ayam Berbusa

Jika ayam aduan kesayangan kita terserang penyakit ini, yang perlu dilakukan adalah segera memeriksakan mata ayam bangkok untuk mengetahui apakah itu penyebab penyakitnya. Pasti sangat berbahaya bila ayam bangkok terkena cacingan karena kondisi tubuhnya yang semakin memburuk secara drastis yang akan mempengaruhi pertumbuhan ayam aduan.

Penyakit mata pada ayam bangkok yang berbusa merupakan gejala yang disebabkan oleh bakteri infeksi atau kontak dengan benda asing di dalam mata ayam sehingga menyebabkan ayam mengeluarkan cairan mata lebih banyak dari biasanya. Penyakit ayam bangkok dengan mata berbusa seringkali disebabkan oleh cacingan di matanya.

Pengobatan penyakit berbusa mata ayam

Ciri khas dari penyakit mata ayam berbusa adalah dapat dilihat dari tubuh ayam yang kurus, nafsu makan menurun, dan mata ayam berbusa atau mengeluarkan air.

Jika ayam bangkok memiliki gejala-gejala tersebut, maka ayam tersebut kemungkinan besar terkena cacingan, dan cara pengobatan penyakit ini diberikan jambe atau pinang, atau bisa juga menggunakan anthelmintik. Dengan menyajikan buah pinang muda yang dihangatkan pada pagi hari dan ayam yang belum mendapat makanan sampai kita memberi buah pinang muda tersebut. Selain itu bisa juga menggunakan cacing exitor dengan dosis 2 kapsul untuk ayam bangkok dewasa dan 1 kapsul untuk ayam muda.

Selain buah pinang muda, Anda juga bisa memberikan 2-3 tetes sari daun tembakau untuk mata ayam bangkok. Anda bisa melihat hasilnya keesokan paginya karena jika mata ayam bangkok tidak cukup berbusa, anda bisa meneteskan air perasan daun sirih bersama daun jeruk yang sudah dihaluskan lagi lalu mengoleskan tetesan air daun sirih tersebut ke mata ayam bangkok. Mata Ayam Bengkak Berbusa

Apabila air perasan daun tembakau tidak dapat mengeluarkan cacing pada mata ayam, dapat dicoba kembali dengan memberikan tetes air daun katuk pada malam sebelum ayam tertidur, atau memberikan air perasan daun sirih dan jeruk nipis yang telah Anda tumbuk, kemudian beri tetes airnya. daun sirih untuk ayam Bangkok favorit Anda.